Dua Pembantu SBY, Turun Bareng di Gianyar

0912 - Menko

Gianyar, korandetikbali.com – Dua orang menteri yang notabene pembantu presiden SBY yakni Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan nongol di Gianyar. Didampingi Wakil Bupati Gianyar, Dewa Made Sutanaya para pembantu SBY itu melakukan penanaman pohon di Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Sabtu (8/12) sore.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon sawo kecik (manilkara kauki), pohon mahoni, majegau, Cempaka Putih, Cendana dan Capit Buaya. Selain melakukan penanaman pohon para Menteri itu juga menyerahkan secara simbolis  4 ekor Burung Curik/Jalak Bali kepada Raja Kelungkung, Ida Dalem Semara Putra dan 40 ekor Curik Bali kepada puri ubud untuk ditangkarkan dan nantinya dapat dilepas ke alam liar.

Hatta Rajasa mengatakan gerakan menanam 1 milyar pohon yang dicetuskan pemerintah pusat sangat tepat untuk diimplementasikan di Bali. Hal ini mengingat masyarakat Bali yang terkenal memiliki budaya dan kebiasaaan dalam menjaga kelestarian alamnya. Dihadapan puluhan tokoh masyarakat setempat, Besan SBY itu mengajak komponen adat turut memasukkan pelestarian alam kedalam hukum adat guna semakin memperkuan hukum perundangan yang berlaku.

Wakil Bupati Gianyar dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Gianyar memiliki 1.117 Hektare kawasan Hutan Rakyak dan 9.867 Ha potensi Lahan Kritis. Apabila potensi kedua lahan tersebut tidak dikelola dengan baik dikhawatirkan dapat menimbulkan bencana alam terutama dimusim penghujan seperti sekarang. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Gianyar, hingga akhir tahun 2012 pemerintah bersama masyarakat telah menanam 403.752 pohon di areal seluas 2.078 Ha. Jumlah pohon tersebut selain diharapkan dapat menjaga keseimbangan alam juga nantinya dapat bermanfaat secara ekonomis utamanya dalam menunjang kebutuhan bahan baku kayu bagi para pengerajin yang ada di Kabupaten Gianyar. hms


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>