Absen Musrenbang, Bupati Buleleng Didemo Banzer

0404 - demo bupati buleleng

Buleleng, korandetikbali.com – Ketidak hadiran beberapa bupati termasuk Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST dalam musrenbang provinsi beberapa waktu lalu berbuntut. Puluhan anggota Banser Kabupaten Buleleng mendemo Bupati Buleleng Kamis, (4/4).

Aksi tersebut dipimpin Ketua Banser Made Swadarmayasa, melakukan long march dari Taman Kota Singaraja menuju Kantor Bupati Buleleng. Intinya mereka meminta klarifikasi ketidakhadiran Bupati Buleleng pada pembukaan Musrenbang Provinsi baru-baru ini. Namun sayang Bupati Agus dan Wakilnya dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG sedang berada di luar daerah. Sehingga para pendemo diterima Sekda Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka,Mp yang didampingi Kepala Bappeda Gede Suyasa dan Kepala Kesbangpolinmas Gede Gunawan AP.

Menurut Swadarmayasa Musrenbang merupakan acara yang sangat penting untuk menerima usul masukan dari seluruh wilayah kabupaten di Bali. “Musrenbang provinsi dilaksanakan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat dalam proses pembangunan di kabupaten. Kehadiran bupati pada Musrenbang provinsi mewakili masyarakat Buleleng untuk menyuarakan kepentingan masyarakat Buleleng” pungkasnya.

Atas kedatangan para pendemo itu, Sekda Dewa Ketut Puspaka mengatakan ketidakhadiran bupati pada Senin (2/4) lalu, lantaran mengikuti penganyar di Pura Batur, Kintamani, Bangli. Sedangkan Wakil Bupati, dr. Nyoman Sutjidra sedang mengikuti Diklat Lemhanas di Kemendagri. “Pada saat bersamaan bupati melaksanakan upacara ngaturang penganyar di Pura Batur, sedangkan Wabup persiapan Lemhanas. Jadi Musrenbang provinsi diwakili Kepala Bappeda Buleleng. Intinya yang terpenting substansi Musrenbang, berapa persen usulan Kabupaten Buleleng mampu diakomodir pada saat Musrenbang tersebut” terang Dewa Puspaka.

Lebih lanjut Sekda Puspaka mengatakan keberadaan Bupati Buleleng hadir di acara upacara penganyar di Pura Batur, tiada lain untuk mendoakan Buleleng agar damai serta Pilgub Bali berjalan damai dan kondusif. “Di hari waktu yang sama Bupati Agus Suradnyana memiliki tanggung jawab konstitusi yaitu penyampaian LKPJ Tahun 2012 yang disampaikan di DPRD Buleleng Selasa 2/4 lalu. Jadi oleh karena agenda sudah terjadwalkan, maka Bupati Buleleng menugaskan Kepala Bappeda untuk hadir mewakilinya dalam pembukaan Musrenbang Provinsi” jelas Puspaka. “Kami berharap agar situasi seperti ini tidak dipolitisir dan masuk ke ranah politik” ujarnya menegaskan. sad

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>